Komunikasi Daring

- Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan.

- Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron.



1.  Pengertian Komunikasi Daring
Komunikasi daring adalah cara berkomunikasi dimana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Daring merupakan singkatan dalam jaringan. Komunikasi yang dilakukan di dunia semu tersebut sering disebut sebagai komunikasi dunia maya atau cyberspace. penggunaan komunikasi daring pertama kali, yaitu pada tahun 1960 di Universitas of Hawaii hingga sekarang, pengaplikasian komunikasi daring terus dikembangkan. Hingga sekarang, komunikasi bukan hanya dapat dilakukan antar komputer saja (menggunakan komputer) tapi juga dengan menggunakan telepon pintar yang tentunya lebih praktis digunakan dan dibawa kemana saja. Berbagai kecanggihan yang dimiliki komunikasi daring membuat proses komunikasi melaui jaringan menjadi semakin efektif dan efisien.
2.  Jenis-Jenis Komunikasi Daring
Jenis komunikasi daring dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
a.   Komunikasi daring sinkron (bersamaan)
Komunikasi daring sinkron atau bersamaan adalah jenis komunikasi yang menggunakan komputer sebagai medianya yang terjadi secara bersamaan, waktu nyata (real time). Berikut merupakan beberapa contoh komunikasi daring sinkron atau bersamaan.
1.  Video chat
Video chat adalah salah satu jenis teknologi yang digunakan guna melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chat dapat dilakukan point-to-point (satu-satu) misalnya Skype, atau interaksi multipoint (satu ke banyak/banyak ke banyak) Seperti Google+ Hangouts. Contoh contohnya :
·      FACETIME
FaceTime adalah nama aplikasi panggilan video (video call) buatan Apple yang mendukung panggilan audio-only dan video di antara perangkat yang kompatibel. FaceTime pada awalnya diperkenalkan oleh Apple di iPhone 4 pada tahun 2010, namun sekarang support pada sejumlah perangkat Apple, termasuk iPad, iPod touch, dan Mac.

·      SKYPE
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

·      GOOGLE+ HANGOUTS
Google Hangouts adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Aplikasi ini menempatkan tiga produk perpesanan yang jasa nya turut dikembangkan oleh Google, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelum nya: Huddle), dan Hangouts, sebuah aplikasi percakapan video yang dihadirkan pada Google+. Google menyatakan bahwa Hangouts di desain untuk "masa depan" produk komunikasi jarak jauh, Google Voice. Para pengguna Google Hagouts dapat berkomunikasi dengan akun Google+ mereka.

        2.  Teks chat
Teks chat adalah sebuah fitur, program, atau aplikasi dalam jaringan internet guna berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring. Contoh contohnya :
·      LINE
LINE adalah sebuah aplikasi Pengirim Pesan Instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. LINE diklaim sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlaris di 42 negara.

·      WHATSAPP
WhatsApp Messenger atau WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

·      BlackBerry Messenger
BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Contohnya fitur di aplikasi Google Maps atau Yahoo Messenger hingga aktivitas dengan Facebook atau Twitter. Semuanya bisa didapatkan oleh pengguna perangkat BlackBerry. pada aplikasi ini. BlackBerry Messenger merupakan salah satu keunggulan dari penggunaan perangkat BlackBerry selain layanan Push Mail.

b.  Komunikasi Daring Asinkron (tidak bersamaan)
Komunikasi daring asinkron adalah jenis komunikasi yang menggunakan perangkat komputer atau perangkat lain yang dilakukan secara “tunda”. Contoh komunikasi daring asinkron adalah forum, email, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring lewat Worl Wide Web.
3.  Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Berikut ini merupakan komponen yang harus tersedia atau ada sebelum melakukan komunikasi dalam jaringan.
a.   Komponen Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras atau hardwere adalah perangkat yang bentuknya bisa dilihat atau diraba oleh manusia secara langsung. Contoh perangkat keras (hardwere) yang harus dipenuhi untuk melakukan komunikasi daring adalah komputer, headset, mikrofon, dan perangkat pendukung koneksi internet.
b.  Komponen Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak merupakan program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software dibutuhkan sebagai jembatan antara perangkat akal atau nalar (brainware) dan perangkat keras (hardware).Contoh program perangkat lunak (softwere) yang digunakan untuk melakukan komunikasi daring adalah sky, google+ hangout, webconference, dll.
c.   Komponen Perangkat Akal atau Nalar (Brainware)
Yang termasuk ke dalam komponen perangkat akal atau nalar (brainwere) adalah manusia. Manusia terlibat dalam penggunaan dan pengaturan perangkat keras (hardwere) dan perangkat lunak (softwere) guna melakukan komunikasi daring.
4.  Tujuan Komunikasi Daring
Berikut ini adalah tujuan komunikasi daring, yaitu :
  • Berbagi sumber data (Resources).
Komunikasi daring memungkinkan penggunanya untuk dapat berbagi informasi kepada semua target penerima informasi yang diingikan tanpa terikat jarak maupun waktu.  Penyebaran informasi melalui dunia maya pun cenderung lebih bebas, sehingga kita perlu berhati-hati dalam menerima ataupun menyebarkan sebuah informasi. Pastikan kita tidak menyebarkan berita hoax.
  • Media komunikasi.
Dengan menggunakan komunikasi daring, kita dapat mengkomunikasikan ide atau pesan yang ingin kita sampaikan kepada publik orang tertentu dan kemudian mendapatkan timbal balik dari penerima pesan  tersebut. Media komunikasi daring bisa berupa media massa seperti youtube, situs berita, dkk; media sosial seperti twitter, facebook, ataupun media komunikasi yang sifatnya privat seperti whatsapp, line, bbm ataupun email.
  • Integrasi data.
kita dapat mengakses informasi dari mana saja, dengan menggunakan perangkat yang berbeda sekalipun.
  • Keamanan data.
Data pribadi dalam dunia maya kita tetap terjaga keamanannya, dan tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Contohnya melalui pengaplikasian password dan user name dala, aplikasi yang kita gunakan.
  • Efisiensi tenaga.
komunikasi daring akan meminimalisir mobilitas fisik komunikan ataupun komunikator, artinya menghemat tenaga yang digunakan untuk melakukan mobilitas fisik tersebut.
  • Efisiensi waktu.
Kommunikasi daring memangkas waktu yang diperlukan untuk dapat berkomunikasi dengan individu lain. Kita dapat berkomunikasi dengan orang di belahan dunia lain tanpa perlu menunggu orang tersebut dapat bertemu dengan kita.
  • Efisiensi biaya.
Komunikasi daring dapat memangkas biaya yang diperlukan untuk melakukan komunikasi. Misalnya untuk berbicara dengan seseorang  yang berada diluar negeri, biaya komunikasi lewat jaringan internet seperti whatsapp misalnya, akan lebih murah jika dibandingkan menggunakan telepon seluler, dan akan jauh lebih murah lagi dibandingkan dengan melakukan komunikasi lansung secara konvensional, yang memerlukan mobilitas fisik agar dapat bertemu muka.
  • Pengembangan dan pemeliharaan.
dengan komunikasi daring, pengembangan dan pemeliharaan dalam melakukan komunikasi lebih mudah dilakukan. Misalnya dalam sebuah website, akan lebih mudah untuk menambahkan dan memsosialisasikan informasi baru.
  • Sebagai kontrol.
pengelolaan dan pengontrolan komunikasi daring lebih mudah dilakukan, karena kita dapat memilih target informasi secara lebih spesifik. Kita dapat mengontrol kemana informasi tersebut disebar, apakan bersifat publik atau hanya kepada orang-orang tertentu saja.
  • Meningkatkan intersitas komunikasi.
komunikasi daring memungkinkan terjadinya komunikasi yang intens meskipun tidak pernah saling bertemu. Berkomunikasi dengan orang yang pendiam juga kadangkala akan lebih mudah dilakukan melalui komunikasi daring, sebab orang tersebut memiliki waktu untuk berpikir dan kebebasan dalam menuliskan tanggapannya, serta berkurangnya intimidasi yang dirasakan dibandingkan ketika berbicara langsung.
  • Meningkatkan partisipasi komunikasi.
komunukasi daring memungkinkan orang yang kurang dominan dalam pembicaraan langsung untuk dapat berpartisipasi aktif dalam sebuah forum, dan secara tidak langsung juga mengulangi dominasi pembicaraan oleh seseorang.
  • Web browsing
Dengan web browsing kita dapat mencari sumber-sumber informasi yang relevan dengan informasi yang kita cari untuk kemudian mengaksesnya. Web browsing dapat dilakukan melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Ask.com.
5.  Fungsi Komunikasi Daring
Fungsi komunikasi daring adalah sebagai berikut.
  • Informasi, komunikasi daring digunakan sebagai media penyampai pesan dan informasi kepada penerima informasi.
  • Kendali, komunikasi daring bertindak mengendalikan dan mengatur suatu informasi sebagai kewenangan individu atau kelompok.
  • Motivasi, komunikasi daring mampu memacu suatu pekerjaan dan semangat karyawan dalam pekerjaannya.
  • Ekspresi emosional, komunikasi daring dapat mewakili suatu perasaan individu atau kelompok.
  • Penghemat waktu, komunikasi daring mampu dilakukan dengan efisien dan menghemat waktu.
  • Penghemat biaya, harga kuota internet yang relatif murah dapat mendukung komunikasi daring berjalan.
  • Dilakukan dimana saja, komunikasi daring dapat dilakukan dimana saja, dirumah, dihotel, dikantor, pada waktu pagi, siang, sore, malam, dan lain sebagainya.
  • Ilmu teknologi, awalnya komunikasi daring berasal dari ilmu pendidikan yang saat itu dijadikan bahan penelitian.
  • Intensitas komunikasi, kemudahan berkomunikasi mengakibatkan intensitas komunikasi bertambah tanpa batas.
  • Partisipasi, komunikasi daring menyebabkan meningkatnya partisipan dalam artian menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi.
  • Informasi, informasi yang dilakukan di dalam jaringan bisa dilakukan selengkap dan seakurat mungkin.
  • Kontrol, proses komunikasi juga dapat diawasi oleh Menteri Komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam negeri.
  • Dorongan, contohnya seorang penulis yang terdorong untuk menulis tulisan yang bermanfaat karena mudahnya akses komunikasi.
  • Penyalur ide, tulisan-tulisan di dalam jaringan internet dapat menjadi sumber ide-ide untuk individu yang membacanya.
  • Sosialita, contohnya adalah facebook sebagai media komunikasi sosial yang bisa membantu kita dalam melakukan kegiatan sosial.
  • Fungsi negara, komunikasi daring membantu pemerintahan guna menyampaikan informasi kepada publik.
6.  Manfaat Komunikasi Daring
Berikut ini merupakan manfaat komunikasi daring.
  • Sebagai sarana komunikasi.
  • Sebagai sarana E-Commerce atau perdagangan online.
  • Sebagai sarana E-Learning.
  • Sebagai sarana E-Banking.
  • Sebagai sarana riset.
  • Memudahkan peserta didik dan guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi.
  • Dapat mengakses ke informasi yang berada di tempat yang jauh.
  • Media hiburan interaktif.
7.  Kelebihan Komunikasi Daring
Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari komunikasi daring.
a.   Mampu Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja
Dengan adanya komunikasi dalam jaringan, kita dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja. Syarat komunikasi daring adalah mempunyai sarana yang memadai dan terkoneksi dengan jaringan internet.
b.  Efisien Biaya
Pihak yang berkomunikasi dengan komunikasi daring tidak memerlukan tatap muka dan bertemu langsung karena lewat media internet sehingga menghemat biaya transportasi.
c.   Efisien Waktu
Komunikasi daring dapat menghemat waktu dan tidak memakan waktu terlalu banyak.
d.  Terintegrasi dengan Layanan TIK lainya
Sambil melakukan komunikasi daring, kita dapat memanfaatkan layanan TIK lainya guna mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Layanan yang bisa digunakan contohnya adalah presentasi, dokumen, dan berbagai layar.
e.   Meningkatkan Intensitas Berkomunikasi
Komunikasi dalam jaringan dapat mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata dapat percaya diri atau melakukan komunikasi di dunia maya.
f.     Meningkatkan Partisipasi
Terbukanya jalur komunikasi dapat menyebabkan banyak orang yang mampu berpatisipasi dalam diskusi.
g.  Kekurangan Komunikasi Daring
Selain memiliki kelebihan, komunikasi juga mempunyai kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut.
h.  Membutuhkan Perangkat Khusus
Dalam pelaksaannya, komunikasi dalam jaringan memerlukan adanya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
i.     Tidak Mewakili Emosi Pengguna
Dalam melakukan komunikasi dalam jaringan, gerakan tubuh, raut muka, intonasi bicara, adalah hal yang sulit dipahami dalam komunikasi karena tidak bertatapan langsung dan menggunakan internet.
j.     Banyak Informasi yang Tidak Penting
Umumnya informasi yang diperoleh peneriman terlalu banyak dan membuat bingung penerima.
k.   Menyita Konsentrasi
Biasanya dalam melakukan komunikasi dalam jaringan tidak pada waktu dan tempat yang tepat. Komunikasi dalam jaringan dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan dapat membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

Komentar

Posting Komentar

Popular Posts

TEKNIK PENELUSURAN SEARCH ENGINE

Konfigurasi Elektron